Investasi




Investasi  merupakan sebuah istilah yang dapat kita sebut juga sebagai penanaman modal, dan ini  sangat berkaitan sekali dengan apa yang namanya keuangan serta ekonomi. Kata investasi ini sangat memberikan harapan kalau suatu hari nanti dapat memberikan harapan suatu keuntungan.

Pengertian Investasi

Menurut sebuah teori, investasi dapat kita artikan sebagai suatu bentuk kegiatan pembelian serta produksi yang berasal dari sebuah modal yang berbentuk barang yang tidak dapat kita konsumsi tetapi dipergunakan untuk suatu produksi pada masa yang akan datang sepertinya pembangunan sebuah pabrik. Pendapatan dari sebuah investasi adalah dilihat dari tingkat suku bunga, peningkatan dari suatu pendapatan akan menjadi sebuah pemicu investasi yang lebih besar lagi, sebuah tingkat bunga yang lebih tinggi akan berdampak pada penurunan minat untuk investasi sebagaimana masalah tersebut akan lebih mahal kalau dibandingkan dengan meminjam uang.

Bentuk Sebuah Investasi

Berikut ini adalah bagian contoh dari bentuk sebuah investasi yang sering orang lakukan dan selalu menjadi sebuah keuntungan yang besar dalam bisnis mereka.

Investasi Tanah

Banyak orang melakukan sebuah investasi dalam bentuk investasi lahan atau tanah, dengan harapan dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah diharapkan harga sebuah lahan atau tanah akan meningkat di masa yang akan datang. Dan hal ini memang sudah banyak terbukti dan anda boleh banyangkan mungkin tanah di sekitar anda pada beberapa tahun ke belakang harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga pada saat sekarang ini. Ini suatu bukti kalau berinvestasi tanah begitu menjanjikan keuntungan pada masa yang akan datang.

Investasi Saham

Berinvestasi dalam bentuk saham juga banyak dilakukan dan diikuti oleh banyak orang, tapi berinvaestasi dalam saham ini tidak semudah dan tidak dapat di samakan kalau kita investasi dalam bentuk tanah. Investasi saham membutuhkan suatu teori dan tehnik tersendiri di mana kita disarankan untuk mempelajarinya dulu sebelum kita terjun langsung dalam bisnis ini. Pemahaman pasar dan kejelian kita dalam membaca pasar adalah bagian dari syarat utama investasi saham.

Investasi Mata Uang Asing

Orang berharap akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan berinvestasi dalam mata uang asing di mana mereka sebagai investor berharap akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal.

Resiko Dari Sebuah Investasi

Dalam hal apapun juga yang namanya resiko itu pasti ada, dalam dunia bisnis tidak hanya keuntungan saja yang akan didapat oleh para pelaku bisnis tapi resiko kerugian itu juga pasti ada, dan  resiko inilah yang harus sangat diperhatikan setidaknya mengurangi tingkat resiko kerugian itu sendiri.
Dalam investasi selain mendapatkan dan menambah penghasilan kita, investasi  juga akan membawa sebuah resiko keuangan kalau investasi itu gagal. Sebuah kegagalan investasi terdiri dari beberapa faktor yang menjadi puncak penyebab investasi itu gagal, dan diantaranya adalah faktor keamanan (yang ditimbulkan dari bencana alam atau faktor manusia itu sendiri, seperti kerusuhan diakibatkan dari gejolak politik).
Dalam hal ini investasi tidak hanya menjanjikan sebuah keuntungan yang besar pada masa yang akan datang, tapi sebuah resiko dari  investasi itu juga mungkin akan didapat oleh seorang investor.